Persyaratan materi, diskusi dan evaluasi Elearning

Kami beritahukan bahwa persyaratan materi, diskusi dan evaluasi dalam web elearning akan diintegrasikan ke web siakad, sehingga dosen tidak perlu menulis jurnal, mengisi kehadiran, menginpit nilai kuis di siskad. Web siakad hanya untuk kuliah tatap muka dan menginput niai UTS dan UAS.

Sehubungan dengan hal itu, maka setiap sesi hendaknya diberi judul topik yang dapat dibuat menggunakan fitur Label. Topik kuliah yang terdapat di web elearning akan “ditarik” datanya ke web siakad. Selanjutnya, untuk keperluan pembayaran honorarium diperlukan¬† persyaratan materi, diskusi dan evaluasi yang lengakp sebagai berikut :

  • Materi
  1. Mengupload modul pembelajaran. Modul dibuat dengan ms-word, huruf Arial ukuran 12 dengan jarak 1 spasi sebanyak minimal 15 lembar setiap topik. Setiap mata kuliah hanya mempunyai 1 modul yang terdiri dari 14 topik . Upload file dilakukan di fitur File.  Setiap upload file hendaknya diberikan deskripsi secukupnya.
  2. Mengupload video pembelajaran. Durasi video minimal 20 menit, dibuat di studio elearning lantai 4. Upload video dilakukan di fitur page. Setiap upload video hendaknya diberikan deskripsi yang membuat mahasiswa tertarik untuk menyimaknya. Dosen boleh membuat video di luar studio elearning, namun filenya harus diserahkan kepada petugas di studio elearning untuk standarisasi.
  3. Menyediakan link materi pengayaan. Link berisi jurnal ilmiah, ebook atau tulisan website lain di google schoolar yang sesuai dengan topik kuliah yang sedang disajikan. Link disajikan di fitur url. Materi pengayaan boleh lebih dari satu link.
  • Diskusi
  1. Diskusi real time (chatting). Untuk kelancaran diskusi, dosen harus menetapkan hari, tanggal dan jam chatting dalam kolom deskripsi.
  2. Diskusi offline (forum). Diskusi dapat dilakukan dalam Forum, jika gagal chatting, mahasiswa ketinggalan chatting atau tidak puas dengan diskusi real time . Setiap sesi, dosen harus melempar pertanyaan di forum. sebagai stimulus
  • Evaluasi
  1. Membuat kuis. Soal kuis minimal 5 soal ,menggunakan fitur Kuis. Disarankan membuat kuis yang berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dengan pilihan jawaban 3 sampai 5 choices.
  2. Memberikan tugas, Soal dibuat menggunakan fitur Assignment dengan menetapkan tanggal, bulan dan tahun mulai dan berakhirnya (due-date) penugasan.
  3. Dosen memberi nilai dan umpan balik terhadap tugas paling lambat hari ketujuh pada setiap sesi.

Hasil monitoring :

  1. Monitoring-kuliah-online-intro-per-6-oktober-2018
  2. Monitoring-kuliah-online-sesi-2-per-6-Oktober-2018
  3. Monitoring-kuliah-online-sesi-3-per-6-Oktober-2018
  4. Monitoring-kuliah-online-sesi-4-per-6-Oktober-2018
  5. Monitoring-kuliah-online-sesi-5-per-6-Oktober-2018

Bagi yang persyaratannya sudah lengkap, namun dinyatakan kurang (NO)  harap menghubungi endang@esaunggul.ac.id dan tembusannya ke mulyo.wiharto@esaunggul.ac.id, nina.nurhasanah@esaunggul.ac.id dan mumuh.adisasmita@esaungul.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *